Senin, 21 November 2016

Diabetes mellitus (kadang-kadang disebut "diabetes gula")



Diabetes mellitus (kadang-kadang disebut "diabetes gula") adalah suatu kondisi yang terjadi ketika tubuh tidak dapat menggunakan glukosa (sejenis gula) biasanya. Glukosa adalah sumber utama energi untuk sel-sel tubuh. Kadar glukosa dalam darah dikendalikan oleh hormon yang disebut insulin, yang dibuat oleh pankreas. Insulin membantu glukosa masuk ke dalam sel.

Pada diabetes, pankreas tidak menghasilkan cukup insulin (diabetes tipe 1) atau tubuh tidak dapat merespon secara normal terhadap insulin yang dibuat (diabetes tipe 2). Hal ini menyebabkan kadar glukosa dalam darah meningkat, menyebabkan gejala seperti sering buang air kecil, rasa haus yang ekstrim, dan penurunan berat badan yang tidak dapat dijelaskan.

Jenis Diabetes

Diabetes tipe 1 (sebelumnya dikenal sebagai insulin-dependent diabetes)

Diabetes tipe 1 adalah penyakit auto-imun di mana sistem kekebalan tubuh menghancurkan sel-sel beta penghasil insulin di pankreas. Diabetes tipe ini, juga dikenal sebagai diabetes remaja-onset, menyumbang 10-15% dari semua orang dengan penyakit. Hal ini dapat muncul pada usia berapa pun, walaupun biasanya di bawah 40, dan dipicu oleh faktor lingkungan seperti virus, diet atau bahan kimia pada orang genetik cenderung. Orang dengan diabetes tipe 1 harus menyuntikkan diri dengan insulin beberapa kali sehari dan mengikuti hati diet dan olahraga rencana.

Diabetes tipe 2 (sebelumnya dikenal sebagai non-insulin dependent diabetes)

Diabetes tipe 2 adalah bentuk paling umum dari diabetes, mempengaruhi 85-90% dari semua orang dengan penyakit. Diabetes tipe ini, juga dikenal sebagai diabetes akhir-onset, ditandai dengan resistensi insulin dan defisiensi insulin relatif. Penyakit ini sangat genetik dalam asal tapi faktor gaya hidup seperti kelebihan berat badan, tidak aktif, tekanan darah tinggi dan pola makan yang buruk merupakan faktor risiko utama untuk pengembangannya. Gejala mungkin tidak menunjukkan selama bertahun-tahun dan, pada saat mereka muncul, masalah yang signifikan mungkin telah dikembangkan. Orang dengan diabetes tipe 2 dua kali lebih mungkin untuk menderita penyakit kardiovaskular. Diabetes tipe 2 dapat diobati dengan perubahan pola makan, olahraga dan / atau tablet. suntikan insulin mungkin nantinya akan diperlukan.

Gestational diabetes mellitus (GDM)

GDM, atau intoleransi karbohidrat, pertama kali didiagnosis selama kehamilan melalui tes toleransi glukosa oral. Antara 5,5 dan 8,8% wanita hamil mengembangkan GDM di Australia. Faktor risiko untuk GDM meliputi riwayat keluarga diabetes, peningkatan usia ibu, obesitas dan menjadi anggota dari sebuah komunitas atau kelompok etnis dengan risiko tinggi terkena diabetes tipe 2.. Sedangkan intoleransi karbohidrat biasanya kembali normal setelah melahirkan, ibu memiliki risiko yang signifikan dari diabetes permanen sementara bayi lebih mungkin untuk mengembangkan obesitas dan gangguan toleransi glukosa dan / atau diabetes di kemudian hari. Perawatan diri dan perubahan pola makan sangat penting dalam pengobatan.

Penyebab Diabetes

Diabetes dapat disebabkan oleh terlalu sedikit insulin (hormon yang diproduksi oleh pankreas untuk mengontrol gula darah), resistensi terhadap insulin, atau keduanya.

Untuk memahami diabetes, penting untuk pertama memahami proses normal metabolisme makanan. Beberapa hal yang terjadi ketika makanan dicerna:
Sebuah gula yang disebut glukosa memasuki aliran darah. Glukosa merupakan sumber bahan bakar untuk tubuh.
Organ yang disebut pankreas membuat insulin. Peran insulin untuk memindahkan glukosa dari aliran darah ke otot, lemak, dan sel-sel hati, di mana dapat digunakan sebagai bahan bakar.

Orang dengan diabetes memiliki gula darah tinggi. Hal ini karena pankreas mereka tidak membuat cukup insulin atau otot mereka, lemak, dan sel-sel hati tidak merespon insulin secara normal, atau keduanya.

Ada tiga jenis utama diabetes:

Diabetes tipe 1 biasanya didiagnosis pada masa kanak-kanak. tubuh membuat insulin sedikit atau tidak, dan suntikan insulin setiap hari diperlukan untuk mempertahankan hidup.

Diabetes tipe 2 adalah jauh lebih umum daripada tipe 1 dan membuat sebagian besar dari semua kasus diabetes. Biasanya terjadi pada usia dewasa. pankreas tidak menghasilkan cukup insulin untuk menjaga kadar glukosa darah normal, sering karena tubuh tidak merespon dengan baik terhadap insulin. Banyak orang dengan diabetes tipe 2 tidak tahu mereka memilikinya, meskipun kondisi serius. Diabetes tipe 2 menjadi lebih umum karena meningkatnya jumlah orang Amerika yang lebih tua, meningkatkan obesitas, dan kegagalan untuk latihan.

Gestational diabetes adalah glukosa darah tinggi yang berkembang setiap saat selama kehamilan pada wanita yang tidak memiliki diabetes.

Diabetes mempengaruhi lebih dari 20 juta orang Amerika. Sekitar 54 juta orang Amerika memiliki pradiabetes. Ada banyak faktor risiko untuk diabetes, termasuk:

1. Orang tua, saudara, atau saudara perempuan dengan diabetes

2. Obesitas

3. Usia lebih dari 45 tahun

3. Beberapa kelompok etnis (terutama Afrika Amerika, penduduk asli Amerika, Asia, Kepulauan Pasifik, dan Hispanik Amerika)

4. Gestational diabetes atau melahirkan bayi dengan berat lebih dari 9 pon

Tidak ada komentar:

Posting Komentar